10 Kecelakaan Paling Mahal Dalam Sejarah

Sepanjang sejarah, manusia cenderung akan menemui kecelakaan. Berikut ini adalah 10 kecelakaan paling mahal dalam sejarah yang dihitungkan dengan kurs dolar.
Didalamnya termasuk kerusakan milik pribadi serta pengeluaran yang dihasilkan saat pembuatan. Namun, kejadian seperti perang atau terorisme dan musibah alami tidak mengkwalifikasikan kecelakaan dan oleh karena itu tidak termasuk di daftar ini.



10. Titanic ($150 Million)

Spoiler for Titanic:

Mungkin Titanic merupakan kecelakaan paling terkenal di dunia. Pada 15 April 1912, Titanic tenggelam di pelayaran perdananya dan dianggap salah satu maskapai laut termewah yang pernah dibuat. Terdapat 1.500 orang tewas setelah kapal menabrak gunung es dan berada diperairan yang dingin. Titanic dibuat dengan biaya 7 juta dolar (150 juta di dolar masa kini).


9. Tanker Truck vs Bridge ($358 Million)

Spoiler for Tanker Truck vs Bridge :

26 Agustus 2004, sebuah mobil menabrak truk tanker yang memuat 32.000 liter bahan bakar di Wiehltal Bridge, Germany. Truk tanker hancur setelah menerobos pagar dan terjatuh dari bukit setinggi 90 kaki, kemudian berhenti di A4 Autobahn yang menghasilkan letusan sangat besar dan api yang menghancurkan konstruksi jembatan. Tercatat biaya untuk perbaikan serharga 40 juta dolar dan ongkos pembangunan kembali jembatan diperkirakan 318 juta dolar.


8. MetroLink Crash ($500 Million)

Spoiler for Metrolink Crash:

12 September 2008, di salah satu jalur kereta yang menjadi sejarah California, tercatat 25 orang tewas setelah bagian depan kereta Metrolink menghantam sebuah kereta angkutan Union Pacific di Los Angeles. Insiden ini dipikirkan terjadi karena kereta Metrolink mengabaikan sinyal merah sementara konduktor sibuk menerima messaging. Kesalahan fatal ini menyebabkan Mitrolink mengalami kerugian sekitar 500 juta dolar.


7. B-2 Bomber Crash ($1.4 Billion)

Spoiler for B-2 Bomber Crash:



Insiden berikutnya memuat daftar kecelakan yang terhitung dalam milyar dolar. B-2 secara tidak sengaja hancur, tidak lama setelah melintas dari bandar udara militer di Guam pada 23 Februari 2008. Tim investigasi menyimpulkan terjadi kesalahan sistem data di komputer kendali. Pesawat udara mendadak keluar jalur, sehingga tergelincir dan menabrak B-2. Insiden ini adalah salah 1 dari 21 insiden termahal yang pernah terjadi dalam sejarah. Ajaibnya kedua pilot dapat selamat dai insiden ini.


6. Exxon Valdez ($2.5 Billion)

Spoiler for Exxon Valdez:

Salah satu kapal tanker raksasa Exxon Valdez tenggelam di Prince William Sound, pantai barat AS, pada Maret 1989. Lebih dari 10,8 juta galon minyak tercecer dan mencemari perairan hingga lingkungan di Teluk Alaska. Kerugian yang ditimbulkan sangat fantastis.Perusahaan pemilik tanker Exxon Valdez mengeluarkan biaya 2,5 miliar dollar AS. Sekalipun ada yang mengatakan biaya ini kecil bagi Exxon dilihat dari pendapatannya, belakangan perusahaan ini bangkrut.


5. Piper Alpha Oil Rig ($3.4 Billion)

Spoiler for Piper Alpha Oil Rig:

6 July 1988, sebuah rig platform lepas pantai raksasa bernama Piper Alpha, yang berlokasi di Laut Utara /North Sea terbakar dan meledak. Menewaskan 167 dari 229 crew nya. Rig platform tersebut memuntahkan 317,000 barrel minyak per hari. Kerugian ditaksir 3,4 milyar dolar.


4. Challenger Explosion ($5.5 Billion)

Spoiler for Challenger Explosion:

Pesawat ulang-aling luar angkasa meledak hanya 73 detik setelah takeoff pada 28 Januari 1986. Terjadinya ledakan diduga karena faktor seperti cuaca yang buruk dan kegagalan desain mesin pendorong. Kerugian penggantian pesawat ulang-aling luar angkasa ditaksir 2 milyar pada 1986 (4.5 milyar dolar masa kini). Sedangkan ongkos pemeriksaan, perbaikan dan penggantian perlengkapan sekitar 450 juta pada 1986-1987 (1 milyar dolar masa kini).


3. Prestige Oil Spill ($12 Billion)

Spoiler for Prestige Oil Spill:

Pada 13 Nopember2002, kapal tangki Prestige dihantam badai saat terdampar di Galicia Spanyol. Akibat kejadian tersebut, lambung kapal berlubang dan menumpahkan sekitar 10 ribu ton minyak mentah. Ditengarai sekitar 77 ribu ton dimuat oleh kapal itu. Sisa sekitar 20 juta akhirnya ikut tenggelam ke dasar laut setelah beberapa hari sempat terombang-ambing badai. Tubuh kapal Prestige terbelah menjadi dua dan kini menghuni dasar laut. Kerugian ditaksir sebesar 12 milyar dolar.


2. Space Shuttle Columbia ($13 Billion)

Spoiler for Space Shuttle Columbia:

The Space Shuttle Columbia adalah pesawat ulang-aling angkasa pertama di armada orbital NASA. Pesawat ini hancur di seberang Texas pada 1 Februari 2003. Total biaya angkutan pulang-pergi adalah 2 milyar dolar pada 1978 atau sekitar 6,3 milyar dolar pada hari ini. Tercatat 500 juta dolar dikeluarkan untuk membiayai pemeriksaan, investigasi kecelakaan pesawat udara yang paling merugikan dalam sejarah. Pencarian dan penemuan kembali puing berharga 300 juta dolar. Total biaya kecelakaan (tidak memasukkan penggantian angkutan pulang-pergi) ditaksir 3 milyar dolar menurut Institut Amerika Ilmu Penerbangan dan Astronotika.


1. Chernobyl ($200 Billion)

Spoiler for Chernobyl:

Pada 26 April, 1986, dunia menyaksikan kecelakaan yang paling mahal dalam sejarah. Bencana Chernobyl sudah dianggap malapetaka sosio-ekonomi yang paling besar dalam catatan sejarah. 50% dari bidang Ukraina di suatu jalan tercemar. Di atas 200.000 orang mesti diungsikan dan dipindahkan, sedangkan 1,7 juta orang secara langsung terharu oleh bencana. Korban kematian yang dipertalikan dengan Chernobyl, termasuk orang yang meninggal dari kanker sesudah tahun-tahun, sekitar125.000. Jumlah berharga termasuk pembersihan, transmigrasi, dan kompensasi kepada korban sudah ditaksir sekitar 200 milyar dolar. Biaya perlindungan baja baru untuk tanaman nuklir Chernobyl akan berharga 2 milyar dolar. Kecelakaan secara resmi dikeluarkan kepada operator pembangkit tenaga listrik yang melanggar prosedur tanaman dan tidak mematuhi syarat keamanan.