Google ternyata sangat berguna bagi Pelajar…
Quote:
We have a mantra: Don’t be evil, which is to do the best things we know how for our users, for our customers, for everyone. So I think if we were known for that, it would be a wonderful thing.” Larry Page
Ternyata mantra Larry Page selaku pendiri google memang benar, Don’t be evil… Manfaat google telah menjangkau semua kalangan (everyone), tidak terkecuali para pelajar/siswa. Kenalkan google sejak kecil pada anak, saya yakin prestasi sekolahnya akan naik. Kenapa? Karena ternyata google mempunyai beberapa fasilitas luar biaas yang dapat membantu siswa belajar dan mengerjakan tugas (bahkan untuk level mahasiswa sekalipun!). Beberapa fasilitas handal tersebut antara lain:


1. Kalkulator

Oke ini mungkin fitur yang tidak terlalu spesial karena rata2 pelajar sudah punya kalkulator. Lalu apa bedanya dengan kalkulator google? Bedanya adalah google mampu melakukan perhitungan matematis tingkat tinggi dengan waktu cepat. Coba hitung nilai dari (8*12)-(21/4+2) dengan kalkulator biasa…Yup, cape deh… Sekarang masukan persamaan tadi ke dalam google dan dalam waktu kurang dari satu detik Anda sudah mendapatkan hasilnya… Beberapa contoh perhitungan rumit yang bisa diselesaikan dengan google:
* 56*78
* e^(ipi)+1
* G*(6e24 kg)/(4000 miles)^2


2. Konversi Unit

Google menyediakan fasilitas untuk melakukan konversi perhitungan dari berbagai unit, seperti berat, tinggi, mata uang, temperatur/suhu, waktu, informasi, volume, area, dsb. Berikut contohnya:
* 100 miles in kilometers
* 0×7d3 in roman numerals
* 0b1100101*0b1001
* 30 celsius in fahrenheit

Hmm, apa lagi yak? Mau menghitung berat bulan? Ho3, no problemo et all : (G*mass of the moon*100 pounds/(radius of the moon)^2) to pounds force


3. Definisi Istilah

Bingung dengan istilah2 asing? Cari saja definisinya di google… Memang sih kosakata untuk bahasa Indonesia belum terlalu banyak, tapi saya kira ini hanya menunggu waktu saja. Untuk mencari definisi suatu istilah, tinggal tuliskan ‘define istilah‘ atau bisa juga dengan cara ‘define: istilah‘.


4. Pemeriksa Ejaan

Bingung dengan istilah2 asing yang sering muncul saat ini? Cari saja ejaan yang benarnya di google. Ini juga banyak membantu saya menulis skripsi kemarin. Beberapa ejaan yg saya kurang mengerti langsung saya masukan ke paman google untuk mengetahui yang benarnya.

Hmm, saya test yak. Bagaimana ejaan (inggris) filipina? a) Philipines b) Phillipines c) Phillippines…


5. Melengkapi Kalimat

Siapa penemu bola lampu? Oke, mungkin Anda masih ragu jawabannya, tanyakan saja hal ini ke om google. Lagi2 dia akan memberitahukannya kpd kita. Cukup tulisakan saja kalimat awalnya dan akhiri dengan tanda asterisk ‘*’ untuk mendapatkan kalimat lengkapnya… Beberapa contoh lain:
* Telepon ditemukan oleh *
* http://www.google.com/search?hl=en&c...+*&btnG=Search
* Temukan Roy Suryo *

No comment buat yg terakhir… google aja ogah, apalagi gw…


6. Globe & Atlas

Google juga bisa berfungsi sebagai Globe & Atlas untuk melihat peta suatu daerah. Tinggal masukkan daerah yg dimaksud dan tambahkan kata ‘peta’ atau ‘map’ untuk memunculkan hasilnya. Untuk lebih lengkapnya bisa menggunakan Google Maps dan Google Earth.


7. Membantu Mengerjakan PR
Hi3, ini yg paling penting… Semua PR di sekolah sebenarnya bisa dicari jawabnya di google. Tapi tergantung kreativitas siswa juga. Karena pertanyaan tadi harus dikonversi ke bahasa inggris dulu. Caranya gampang saja, tinggal masukkan pertanyaan yg dimaksud dengan disertai tanda kutip (”xxx”) untuk mendapatkan jawabannya…