Tips menghilangkan rasa pedas di lidah


Photobucket

Cara-cara menghilangkan rasa pedas yang bersumber dari tabloid tersebut dan dari pengalaman saya pribadi.

Beginilah caranya:

  1. Dengan mengkonsumsi susu atau yoghurt sebagai makanan penutup. Soalnya artikel itu bilang klo kasein susu bisa melarutkan kapsaisin, zat yang terkandung dalam urat putih cabai, yang membuat cabai terasa pedas. Sehingga rasa pedas pun akan hilang perlahan.kapsaisin sehingga rasa pedas pelan-pelan jadi hilang.
  2. Dengan
  3. Dengan mengunyah segumpal nasi atau secuil roti tawar. Karena enzim dalam air liur dapat mengubah karbohidrat dalam nasi jadi glukosa. Nah, glukosa itu lah yang menghadirkan rasa manis di lidah, mengobati rasa pedas yang menyakitkan.
  4. Dengan mengkonsumsi gorengan yang lembab. Seperti halnya susu, minyak pada gorengan ini juga bisa melarutkan kapsaisin.
  5. Dengan minum yang manis-manis. Hal ini sangat manjur untuk saya yang kadang suka ga sengaja nglethus cabai. Tapi perlu diperhatikan, jangan minum soft drink atau minuman yang hangat karena justru akan memperhebat efek dari pedas itu sendiri.
  6. Menurut pengalaman saya, minuman yang dingin juga bisa mengaburkan rasa pedas dalam mulut. Apalagi jika anda doyan ngemut ato ngunyah es…Tapi saya ga suka. Saya cuma pernah nyoba ngemut es buat menghilangkan pedas.
Ada yang mau menambah info lagi selain ini?