Terlalu banyak hal besar tapi sangat kecil yang sering terlupa dan tak terasa.

1. JANTUNG
Berdetak sekitar 70 x permenit. Lebih dari 30.000.000 kali/tahun. Memompa darah yang menempuh jarak 96.000 km ditempuh dalam waktu 23 detik untuk satu putaran.

Spoiler for Jantung:





2. OTAK
Sistem saraf dinamai neuron. Neuron fungsinya memindahkan sinyal-sinyal dari otak ke pusat saraf. 1 sel otak dapat berhubungan dengan 25.000 ribu sel otak lain. Setiap detik, jutaan impuls saraf melewati neuron” tsb. Jika otak seperti pita kaset. Mka sampai umur 60 tahun membutuhkan ribuan juta meter, agar bisa mencatat semua informasi dalam diri mu.

Spoiler for Otak:





3. INGATAN
Pakar berkata bahwa normal otak manusia dapat menyimpan 10 biliun satuan informasi sdg komputer sekarang 4 juta. Seandainya semua informasi yang di ketahui dalam 24 jam di catat, akan membutuhkan waktu ratusan tahun.

Spoiler for Ingatan:





4. D. N. A
D. N. A adalah tempat menyimpan informasi genetik. Kromosom berukuran 0.2 – 0.5 mikrosind. Sedang DNA berada di dalam nya. DNA menyimpan 5 milyar potong informasi yang berbeda. Di antaranya, ribuan kejadian sangat detail yang berlangsung dalam sel tubuh hingga penampakan fisik seperti warna rambut dan mata.
Bila informasi dalam DNA dibukukan maka akan menjadi 1000 ensiklopedia. Jika ditulis dalam kertas akan membentang dari kutub utara hingga ekuador. Dan sel yang didalamnya berisi DNA melakukan pembelahan setiap 20-80 menit.

Spoiler for D. N. A:





5. MIMPI
Mimpi yang terlihat panjang lebar dan memakan waktu lama ternyata terjadi tidak lebih dari 7 detik. Selain dari itu, informasi bagaimana manusia bermimpi dan mekanismenya masih sebuah misteri.

Spoiler for D. N. A:





6. BERNAFAS
Udara masuk melalui hidung dan mulut untuk disaring, melalui trakea menuju paru-paru yang mengandung 2.400 Km saluran udara. Ketika bernafas oksigen membanjiri sekitar 300.000.000 ruang kecil (alveolus). Jika lipatan” dalam alveolus dibuka maka dia dapat selebar lapangan tenis.
Setiap menit paru-paru membutuhkan 6 ltr udara. Dgn cadangan 3 ltr udara bagi org dewasa. Bersyukurlah qta tdk usah susah payah mencari udara.

Spoiler for Bernafas:





7. LIDAH
Ia adalah otot yang bergerak menelan 2.500 kali/hari. Terdapat lebih dari 10.000 tunas pengecap dalam lidah dan selalu memperbahrui diri 100.000 kali tiap detik. Lidah bekerja sama dengan indra penciuman yang dapat mendeteksi 2000-4000 bau berbeda.

Spoiler for Bernafas: