Dark Synchro Monsters / Synchro Monster versi BLACK dalam anime dan permainan video hanya kategori yang muncul pada Yu-Gi-Oh! 5D's episode 27 dan juga hadir di Yu-Gi-Oh! 5D's Tag Force 4. Dark Synchro Monster adalah dipanggil dengan mengirimkan ke graveyard dengan 1 Dark Tuner dan 1 non-Tuner monster. Selain "Dark Tuner ", anda dapat menggunakan monster untuk Summon Dark Synchro. Non-Tuner Level monster Dark Tuner minus Tingkat monster itu harus sama ke Dark Sinkronisasi monster Level (perhatikan bahwa Sinkronisasi Dark Monster mempunyai tingkat negatif, sesuatu yang tidak mungkin dengan monster lain dalam permainan). Tingkat mereka mulai di sisi berlawanan dari kartu (kartu reguler mulai di sisi kanan, mereka mulai di sisi kiri).

Sinkronisasi gelap Monster tidak hanya Dark synchro monster, tetapi monster yang sama sekali berbeda kategori, meskipun mereka serupa dengan Sinkronisasi Monster. Warna adalah lawan dari Sinkronisasi monster, dengan kartu berbingkai hitam.

Sinkronisasi monster gelap berfungsi sebagai subkategori Sinkronisasi Monster, dan juga Sinkronisasi dipanggil. Ketika Yusei's "Synchro Destructor" kerusakan ditangani dua kali bukan hanya sekali karena dia menghancurkan Kalin "One-Hundred Eye Dragon" dengan "Stardust Dragon". Selama Crow's duel melawan Greiger, Greiger digunakan "Darksea Rescue" dalam pemanggilan "Dark Flat Top". Versi anime dari "Darksea Rescue's" efek tidak hanya menunjukkan bahwa "Dark Flat Top" adalah seorang Sinkronisasi monster (dan mengulangi bahwa semua yang Sinkronisasi Synchros Dark Monster), tetapi juga mengungkapkan bahwa Sinkronisasi Dark Panggil adalah jenis Panggil Sinkronisasi.

Namun, seperti yang dinyatakan di atas, Dark Sinkronisasi Monster adalah subkategori Sinkronisasi monster, yang berarti bahwa meskipun sebuah kartu yang melibatkan Sinkronisasi Monster dapat memiliki pengaruh di Dark Synchros, mereka sekaligus bertindak sebagai kategori sendiri. Hal ini diperlihatkan oleh Kartu Trap "Dark Matter", yang diaktifkan ketika Sinkronisasi monster Dark dihancurkan.

Ada Dark Sinkronisasi Monster di OCG / TCG. Namun, 4 kartu dari kategori ini, "One-Hundred Eye Dragon", "Underground Arachne", "Moonlight Dragon Killa", dan "Zeman yang Ape King", akan dilepaskan sebagai Sinkronisasi biasa Monster di OCG. Kecuali untuk Zeman yang Ape Raja, efeknya juga baik telah diubah atau dimodifikasi.